Page 2 - Policy Brief
P. 2

PENDAHULUAN




                                                 Industri  gim  Indonesia  sangat  potensial  untuk  dikembangkan.  Dalam  periode
                                                 2019-2021, pendapatan industri gim di Indonesia mengalami trend peningkatan.
                                                 Tahun 2021, pendapatan industri gim mencapai USD 1,92 miliar.

                                                 Industri gim juga berkontribusi pada penerimaan negara. Dari Rp 1.100 triliun
                                                 yang disumbangkan sektor ekonomi kreatif terhadap PDB Tahun 2020, industri
                                                 gim  menjadi  penyumbang  terbesar  ke  7  dari  17  sub-sektor  ekonomi  kreatif.
                                                 Kontribusi industri gim mencapai Rp 24,88 triliun (2,19%). Industri gim bahkan
                                                 menjadi salah satu sub-sektor ekonomi kreatif yang mampu tumbuh positif di
                                                 masa pandemi.
                 The Indonesian Gaming Market, 2022
                      (allcorrectgames.com)

                                                 Indonesia menjadi pasar yang menarik bagi industri gim global. Pasar gim di
                                                 Indonesia berada di peringkat 17 secara global dan terbesar di Asia Tenggara. Hal
                                                 ini turut didukung dengan jumlah gamers yang terus meningkat. Tahun 2019
                                                 berjumlah 44,1 juta orang dan di tahun 2022 mencapai 52 juta orang. Menurut
                                                 laporan  InMobi  Pulse  Gaming  Survey  Indonesia  2021,  46%  gamers  Indonesia
                                                 mulai bermain mobile game saat pandemi.



           Di antara sejumlah potensi industri gim lokal tersebut, kita masih menghadapi masalah tertinggalnya industri gim lokal Indonesia
           karena pangsa pasar lokal yang justru dikuasai gim asing hingga 99,2%. Proporsi gim lokal terhadap gim asing bahkan relatif stagnan.
           Bahkan sebelumnya di tahun 2015 gim asing telah menguasai hingga 99,6%, menyisakan gim lokal hanya 0,4%. Potensi pasar industri
           gim yang sangat besar justru lebih dimanfaatkan oleh pengembang asing.

           Dampak  yang  terjadi  adalah  pengembangan  industri  gim  lokal  yang  terhambat  dan  kontribusinya  yang  tidak  optimal  pada
           penerimaan negara. Seharusnya industri gim lokal menjadi andalan bagi penerimaan negara untuk mencapai potensi ekonomi digital
           Indonesia.
           APA YANG MENYEBABKAN TERJADINYA MASALAH TERSEBUT




           Tertinggalnya perkembangan industri gim lokal dipicu oleh banyak penyebab. Dari berbagai variasi penyebab masalah yang ada, kami
           berpandangan  bahwa  terdapat  empat  hal  yang  menjadi  totok  nadi  permasalahan.  Apabila  keempat  ini  dapat  diatasi,  kami
           berpandangan bahwa perkembangan industri gim lokal dapat dipacu lebih cepat lagi untuk memenuhi potensinya.
          1         Minimnya regulasi terkait pengembangan industri gim


                  Berdasarkan  penelusuran,  hanya  ditemukan  satu  peraturan  level  menteri.  Yakni  Peraturan  Menteri  Komunikasi  dan
                  Informatika  Nomor  11/2016  tentang  Klasifikasi  Permainan  Interaktif  Elektronik.  Peraturan  tersebut  hanya  mengatur
                  mengenai konten gim dan usia orang yang memainkan.

                                                                   Belum  ada  instrumen  kebijakan  yang  mengorkestrasi
                                                                   peran  stakeholder  industri  gim  lokal.  Padahal  terdapat
                                                                   beragam  stakeholder  yang  terlibat,  mulai  pengembang
                                                                   gim,  distributor  dan  retailer  gim,  arena/kompetisi  gim,
                                                                   investor,  dll.  Stakeholder  membutuhkan  instrumen
                                                                   kebijakan sebagai panduan, sekaligus jaminan kepastian
                                                                   hukum.

                                                                   Instrumen  kebijakan  diperlukan  bukan  hanya  sebagai
                                                                   panduan  bagi  tiap  stakeholder  menjalankan  perannya.
                                                                   Ketiadaan instrumen kebijakan selama ini juga membuat
                              (medium.com/@VentureBoat)            para pelaku industri gim lokal belum terlindungi secara

                                                                   hukum.  Misalnya  harus  menghadapi  masalah  legalitas
                                                                   usaha, hak kekayaan intelektual yang dilanggar, dll.





             2    POLICY BRIEF | GIM BUKAN MAINAN, WAKTUNYA JADI ANDALAN
   1   2   3   4